Tatacara Registrasi UT | Cahaya Kehidupan

Tatacara Registrasi UT


Bagi rekan yang ingin melanjutkan kuliah di UT jurusan apapun, terutama jurusan yang tidak ada pokjarnya, seperti matematika, statistika, biologi, agribisnis, teknologi pangan, akuntansi, ekonomi, administrasi niaga/Negara, hukum, ilmu komunikasi dll. bisa langsung mendaftar ke UPBJJ setempat. Sebenarnya pendaftaran mahasiswa baru juga bisa dilakukan secara online lewat sro.ut.ac.id. namun tetap kita diharuskan menyerahkan berkas fisik seperti photocopy ijazah dan pas poto ke UPBJJ setempat.


Berikut langkah pendaftaran ke UPBJJ:
  1. Persiapkan Photocopy ijazah yang sudah dilegalisir + pas poto ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.
  2. Anda langsung datang ke UPBJJ bagian Informasi, dan langsung meminta formulir pendaftaran. Biasanya anda akan ditanya jurusan apa yang akan anda ambil. Formulir yang disediakan GRATIS + buku katalog terbaru.
  3. Anda bisa mengisi formulir tersebut saat itu juga ataupun jika anda belum siap anda bisa membawanya pulang dan menyerahkannya lain kali.
  4. Setelah anda mengisi formulir dan menyerahkannya kembali ke bagian Informasi, maka selanjutnya anda akan diminta menunggu untuk proses entri data yang dilakukan bagian pengentrian data sesuai jurusan yang diambil. Proses entri data sekitar 15 menit.
  5. Setelah tahap entri data selesai anda akan diberi selembar informasi data pribadi anda dan juga KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)sementara, anda akan diminta memeriksa kembali data tersebut apakah ada kesalahan atau tidak. Jika ada kesalahan akan langsung diperbaiki saat itu juga.

Langkah pengambilan mata kuliah:
  1. Dikatalog disebutkan anda bisa mengambil mata kuliah dengan sistem SIPAS (Sistem Paket Semester) atau non SIPAS. Untuk SIPAS biasanya sudah ditentukan berapa biaya yang harus anda keluarkan setiap semesternya, mata kuliahnyapun sudah ditentukan. SIPAS juga terbagi lagi, ada SIPAS dengan TTM (Tutorial Tatap Muka) dan ada SIPAS Non TTM. Jika anda mengambil paket SIPAS maka anda tak perlu repot-repot lagi memikirkan mata kuliah apa yang akan diambil, jumlah SKSnya berapa dan bagaimana perhitungan biayanya, karena semuanya sudah ditentukan oleh UT.
  2. Lain lagi jika anda ingin mengambil paket non-SIPAS, anda harus menentukan matakuliah apa saja yang akan diambil, berapa SKS yang akan diambil, kapan waktu ujiannya.
  3. Untuk pemilihan mata kuliah anda bisa melihat katalog, jika anda mahasiswa baru anda bisa mengambil matakuliah secara runtut dari urutan pertama (itu yang disarankan UT) namun terserah anda. Namun jika anda hanya melanjutkan misalnya dari D2 Perpustakaan Ke S1, maka anda cukup memilih mata kuliah yang belum pernah diujikan. Pemilihan mata kuliah harus disesuaikan dengan jam ujian, jangan sampai bentrok. Jika terjadi bentrok maka hanya 1 mata kuliah saja yang dapat diujikan, kecuali jika anda mengikuti ujian online (SUO). bagi yang melanjutkan dari D2 ke S1 Jika dulu anda harus melakukan alih kredit, sekarang sudah tidak lagi, karena UT sudah memberlakukan UKT (Uang Kuliah Tunggal) dampaknya biaya SPP per SKSnya menjadi lebih mahal.
  4. Matakuliah yang dapat diambil adalah sebanyak maksimal 24 SKS per semester. Jika anda sudah menyerahkan daftar mata kuliah apa saja yang akan diambil, selanjutnya anda akan diberi selembar kertas berisi nomor billing beserta jumlah biaya yang harus anda transfer. Untuk pembayarannya sendiri UT saat ini bekerja sama dengan bank BRI. Anda bisa melakukan transfer lewat teller ataupun lewat ATM. Yang saya rasakan, transfer lewat ATM jauh lebih mudah dan menghemat waktu. Anda cukup memilih menu PENDIDIKAN, kemudian memasukan nomor billing beserta nominal uang yang harus anda transfer. Selesai.
  5. Selanjutnya adalah pembelian modul melalui koperasi karunika. UPBJJ tidak menyediakan modul untuk mahasiswa, modul hanya disediakan di koperasi karunika. Untuk tatacara pembeliannya hampir sama dengan berbelanja di toko online seperti lazada, zalora atau cikurai.com (haha promosi dikit) yang membedakan adalah Koperasi karunika menggunakan sistem billing. Berikut link TBO Karunika yang baru: http://tbo.karunika.co.id
  6. Biaya apa saja yang harus anda keluarkan: 1) biaya SPP dihitung per SKS, besarnya tergantung jurusan apa yang anda ambil, untuk perpustakaan biaya SPP adalah 38 ribu/SKS. Jadi jika anda mengambil 24 SKS tinggal dikalikan saja dgn Rp. 38.000 =Rp 912.000. 2). Pembelian modul. Harga modul bisa anda lihat di buku daftar harga bahan ajar atau langsung di TBO karunika. Perkiraan uang yang anda keluarkan untuk modul sekitar 300-350ribu / semester. Sebenarnya membeli modul tidaklah wajib, anda bisa meminjam punya teman atau anda bisa membacanya secara online di Ruang Baca Virtual (Pustaka.ut.ac.id) disana disediakan modul virtual yang bisa anda akses selama menjadi mahasiswa UT. Isi modul 100% sama dengan versi cetak. 3) jaket almamater, jika anda sudah punya tidak perlu membeli lagi.
  7. Setelah NIM anda dinyatakan Aktif, anda bisa langsung mendaftar ke Student.ut.ac.id untuk mendapatkan tutorial secara online, namun itu juga terserah anda mau ikut atau tidak.


Pendaftaran Secara Online lewat SRO.UT.AC.ID.

Pendaftaran juga bisa dilakukan secara online melalui sro.ut.ac.id. anda cukup mengikuti petunjuk yang disediakan. SRO (Sistem Registrasi Online) tidak hanya untuk pendaftaran mahasiswa baru saja, bisa juga untuk pembelian bahan ajar/modul. Disana sudah terhitung secara otomatis biaya yang harus di keluarkan, mencakup biaya SPP dan Mata Kuliah, jadi anda tidak perlu lagi menghitung secara manual. Perhitungan jam ujian juga dilakukan secara otomatis, jika ada yang bentrok akan langsung ada peringatan. Untuk pendaftaran secara online anda hanya diminta mengisi formulir (online) dan mengupload Ijazah dan pas poto 3x4 hasil scan. Selanjutnya untuk LIP (lembar Informasi Pembayaran) bisa anda cetak langsung (tidak perlu repot-repot minta ke UPBJJ), atau jika anda ingin membayar via ATM, cukup mencatat no billingnya saja. Pokoknya sangat simpel. Setelah semua beres anda hanya perlu menyerahkan lembar bukti pendaftaran, photocopy ijazah dan pas poto ke UPBJJ, selesai.

0 Response to "Tatacara Registrasi UT "

Post a Comment

Translate